Tuesday, July 23, 2013

Kemeriahan 4th of July di Bumi Cornhusker Nebraska-USA

4th of July merupakan hari yang dideklarasikan sebagai Independence Day of United States (hari kemerdekaan Amerika). Layaknya 17 Agustusan di Indonesia, perayaan 4th of July dimeriahkan oleh berbagai aktivitas di seluruh penjuru negri Paman Sam ini. Pada umumnya, hampir semua states (provinsi) di Amerika memiliki banyak kegiatan yang disponsori oleh pemerintah dan yang paling menarik dan tidak boleh dilewatkan adalah fireworks show (pertunjukan kembang api) yang diadakan pada malam harinya.

Mungkin show kembang api bukan hal yang spesial di Indonesia karna di Indonesia kita bisa kapan saja memainkan kembang api dan ada lebih dari satu event tahunan dimana kembang api dipertontonkan. Nah, yang unik di tempat dimana saya tinggal saat ini tepatnya di Nebraska state, kembang api hanya boleh dimeriahkan pada hari kemerdekaan Amerika ini yaitu 4th of July. Jadi, tidak heran jika warga di kota kota di Nebraska berbondong bondong meramaikan pertunjukan kembang api ini.

Tahun ini, di Lincoln Nebraska, pertunjukan kembang api kembali diadakan di Oak Lake Park sebuah taman danau buatan yang terletak tidak jauh dari Kampus University of Nebraska Lincoln (UNL). Pertunjukan pada tanggal 3 Juli malam ini dimulai tepat pukul 22.00 namun dua atau tiga jam sebelumnya, para warga mulai berdatangan membawa kursi lipat dan matras mencari posisi dan tempat yang pas untuk menyaksikan kemegahan pertunjukan kembang api.

Tidak hanya kembang api, pada hari H, ada lebih banyak lagi kemeriahan yang ditawarkan. Una dan teman teman Indonesia serta seorang teman asal Tunisia beserta keluarganya memutuskan untuk mengunjungi Seward, sebuah kota berjarak 30 menit yang dapat ditempuh dengan mengendarai mobil. Pagi harinya kami kembali terkesima dengan pertunjukan Air Show. Pertunjukan atraksi pesawat ini diawali dengan atraksi terjun payung dengan bendera Amerika yang disertai dengan lagu kebangsaan Amerika “The Star Spangled Banner”. Berbagai pesawat mulai dari yang baru hingga yang antik menunjukkan atraksi terbaiknya. Yang tak kalah menariknya adalah salah satu pilot pesawat tersebut adalah seorang wanita.
Setelah atraksi pesawat, taman dekat pusat kota menjadi tempat pilihan Kami untuk menikmati bekal makan siang yang Kami siapkan dari Lincoln. Tepat pukul 16.00 perjalanan 4th July pun dilanjutkan. Kami berjalan beberapa block menuju lokasi parade. Parade tahunan ini layaknya parade yang sering kita lihat di Indonesia. Yang sedikit berbeda adalah kalau di Indonesia parade dimeriahkan oleh murid murid sekolah, maka parade 4th of July ini dimeriahkan oleh seluruh lembaga pemerintah, non pemerintah dan juga sekolah sekolah serta universitas setempat. Bagian yang paling seru adalah melihat anak anak kecil yang siap sedia ditepi jalan dengan kantong plastic besar yang telah mereka persiapkan untuk menampung permen dan hadiah lainnya yang dibagi bagikan dengan cara dilemparkan disepanjang jalan.

Tanpa terasa waktu pun menujukkan pukul 17.30, sebenarnya ada banyak lagi deretan acara yang di tawarkan di jadwal perayaan 4th July di Seward mulai dari pertunjukan konser musik hingga pertunjukan kembang api yang akan diadakan pada pukul 22.00, namun karna mulai kelelahan akhirnya Kami pun memutuskan kembali ke Lincoln. 

Kemeriahan 4th of July yang tidak akan terlupakan ini InsyaAllah akan menjadi pengalaman 4th of july yang terakhir buat una sebelum kembali ke Nanggroe tercinta akhir tahun ini :) 

1 comment: